Selasa, 09 Februari 2010

Tanjung Adalah Marga Batak

ASAL USUL MARGA TANJUNG YANG SEBENARNYA

Saya mendapat banyak informasi tentang marga Tanjung di Solok dan kota lainnya di Sumatera Barat. Banyak orang mengakui bahwa marga Tanjung tidak termasuk marga, suku, turunan asli Minang Kabau. Tanjung adalah marga pendatang ke Sumatera Barat. Kemungkinan marga ini berasal dari Barus, Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Namun budaya Tanjung di Sumatera Barat sudah beradaptasi dengan budaya di ranah Minang. Tapi yang jelas, Tanjung bukan penduduk asli Sumatera Barat. Itu terbukti dengan tidak adanya tanah adat orang bermarga Tanjung di Padang dan seluruh Sumatera Barat. Kalaupun ada, itu karena dìbeli. Bukan karena warisan keturunan.
Selama ini saya menyangka bahwa Tanjung berasal dari Padang adalah berlainan dengan yang di Sumatera Utara. Tapi rupanya keduanya satu keturunan. Yaitu bersaudara atau sabitua dengan marga Pasaribu dan Lubis di Tapanuli Sumatera Utara. Begitulah cerita yang saya dapatkan di Ranah Minang ini. semoga akan banyak yang memahaminya. Bila ingin pembuktiannya, bisa saja diperoleh di petinggi petinggi adat di Minang.
Rupanya mula pertama adanya marga atau suku Tanjung di Sumatera Barat, itu karena datangnya pada zaman dahulu ‘Boru Tanjung’ dari Barus ke pesisir Padang. Lalu karena garis keturunan marga diambil dari garis ibu di Minang di daerah ini, karena itu semua turunan boru Tanjung yang hijrah ke pesisir padang ini menurunkan marga Tanjung. Hingga marga Tanjung menjadi banyak di Sumatera Barat walaupun tidak dominan.
Dengan adanya tulisan ini, akan sangat membantu keturunan Tanjung tentang siapa saudara seketurunannya. Anda akan tahu dari mana Tanjung Sumatera Barat berasal. Anda akan tahu apa dan siapa saudara marga Tanjung, anda akan tahu kenapa ada Marga Tanjung di Sumatera Utara dan Sumatera Barat, dan apa hubungan marga di dua tempat itu.

Tidak ada komentar: